Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Penulis

  • Nadita Fajarini Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd
  • Lisa Amillina Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd
  • Nur Ani Parida Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd
  • Widara Rizqi Ulfa Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd
  • Puji Rahayu Ningsih Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd

Kata Kunci:

Islamic Religious Education, Learning Model, Contextual Teaching And Learning (CTL)

Abstrak

This study aims to describe the implementation of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in Islamic Religious Education at SMAIslam Ibnu Rusyd Kotabumi. The research method used is qualitative with a descriptive approach. Data were collected through in-depth interviews with Islamic Education teachers, observation of learning activities, and analysis of related documents. The findings reveal that the application of the CTL model in Islamic Religious Education involves connecting subject matter with students' daily lives, empowering students through group discussions, and using contextual learning media. This model has proven effective in enhancing students' understanding of Islamic Education material and fostering more positive religious attitudes. Challenges encountered include limited time and a lack of contextual learning resources. Overall, the implementation of CTL contributes positively to the effectiveness of Islamic Religious Education in this school.

Referensi

Abdi, Muhammad Iwan. (2011). Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, vol. 11, no. 1, p. 1-9.

Agustiningsih, W., et al. (2021). Analisis Model CTL dalam PAI. Jurnal Pendidikan Islam.

Akbar, R. F. (2020). Metode Contextual Teaching and Learning untuk Pengembangan Pembelajaran PAI. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2)

Alam, M. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran PAI di MAN 1 Sungai Penuh. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1)

Arifin, Zainal. Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif Pemikiran John Dewey. (Jakarta: Kencana, 2020)

Asmawati. (2017). Modeling CTL untuk Tajwid Al-Qur'an. Universitas Mataram.

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education, 2(2), 112-129.

Depdiknas. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning - CTL). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003.

Direktorat SLTP. Pengembangan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002.

Faturrahman, Muhammad. (2012) Belajar dan Pembelajaran (Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional). Yogyakarta: Teras.

Fedry Saputra, Aidil Saputra & Sumardi Efendi (2024). Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Aceh. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam.

Glynn, Shawn M. (2004) Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, vol. 16, no. 2

Hadi, Samsul. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Asembagus, El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, vol. 4, no. 2, p. 193 – 212.

Ismail, M., & Fauzan, A. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Pustaka Islam.

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Langgulung, Hasan. (2010). serta Kamarul Azmi Jasmi dan Ab Halim Tamuri (2007). Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam berkesan berteraskan Mua’allim. Journal of Islamic Arabic Education (1), 45-56.

Mardiyah, T. (2020). Penerapan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Agama. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022.

Mu'min, Wandi Syahrul, Ai Rohayani & Wahyu Ginanjar, (2025). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 90-107.

MUZAKKI, S. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).

Nugraha, A., & Suherman, U. (2021). “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45-56.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran.

Pratesta, H., et al. (2023). Pendekatan CTL dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam PAI. IAIN Curup.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 12 ayat (1) dan (2).

Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Saifulloh Muzakki, (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).

Saputra, F., Saputra, A., & Efendi, S. (2024). Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Aceh. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 224-240.

Sasmita, K. (2017). Pendekatan CTL dalam PAI di SMAN 86 Jakarta. UIN Jakarta

Sastradiharja, “Perencanaan Pembelajaran Kontekstual,” Jurnal Pendidikan Guru, vol. 3, no. 1 (2020)

Satriana, S. (2024). Optimalisasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Islami Dan Sifat Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Kualitas pendidikan, 2(1), 157-164.

Sri dan Radhakrishnan, “Efektivitas CTL dalam Pembelajaran Anak Cerdas Istimewa,” Jurnal Pendidikan Islam Modern, vol. 6, no. 2 (2022)

Suryadi, H. (2020). Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163-174.

Taufik, Irfan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), hlm. 163-174.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2006), hlm. 262-263.

Diterbitkan

2025-06-30