Pendekatan Holistik Evaluasi dan Supervisi Akademik dalam Pendidikan

Penulis

  • Dewi Kurniawati Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnurusyd, Kotabumi Lampung

Kata Kunci:

Evaluasi Holistik; Supervisi Akademik; Monitoring Pendidikan; Teknik Evaluasi; Peningkatan Mutu Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan implementasi pendekatan holistik dalam evaluasi dan supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan. Evaluasi pembelajaran tidak hanya difokuskan pada pengukuran hasil belajar, tetapi juga mencakup proses, keterlibatan peserta didik, dan efektivitas strategi pengajaran. Supervisi akademik diposisikan sebagai proses pembinaan berkelanjutan yang berbasis data, melibatkan kolaborasi antara pengawas, kepala sekolah, dan guru. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur untuk mendalami teknik evaluasi seperti tes tertulis, penilaian kinerja, portofolio, dan observasi, serta peran instrumen supervisi, termasuk observasi kelas dan wawancara. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan holistik, yang mengintegrasikan evaluasi formatif dan sumatif dengan supervisi berbasis coaching, mampu mendorong perbaikan berkesinambungan, pengembangan profesional guru, dan peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, tantangan yang muncul seperti keterbatasan waktu, kompetensi pengawas, dan penggunaan instrumen supervisi perlu diatasi melalui pelatihan serta pemanfaatan teknologi. Temuan ini menegaskan pentingnya sistem evaluasi dan supervisi yang adaptif, partisipatif, dan berkelanjutan guna mewujudkan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan abad 21.

Referensi

Aisi, Okta Khusna, Roni Susanto, and Khairunesa Isa. “Bridging Gender Gaps In Education Through Islamic Values And Technology At Pptq Al-Hasan.” Egalita : Jurnal Kesetaraan Dan Keadilan Gender 20, no. 1 (2025): 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/egalita.v20i1.30589.

Amin, Alfauzan. “Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 16, no. 1 (2018): 106–25.

Bahrissalim, Bahrissalim, and Fauzan Fauzan. “Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Balai Diklat Keagamaan Jakarta.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 25. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2779.

Dwi, Jeffriansyah, Sahputra Amory, Muhtar Mudo, and J Rhena. “Transformasi Ekonomi Digital Dan Evolusi Pola Konsumsi : Tinjauan Literatur Tentang Perubahan Perilaku Belanja Di Era Internet.” Jurnal Minfo Polgan 14, no. 1 (2025): 28–37.

Ekawati, Rima Nur. “Education Secularism in Indonesia and Society ’ s Interpretation.” JISEI: Journal of Islamic Studies and Educational Innovation 01, no. 01 (2025).

Fadillah, M Kharis. “Managemen Mutu Pendidikan Islam Di Pesantren: Studi Di Pondok Modern Darussalam Gontor.” At-Ta’dib 10, no. 1 (2015): 115–34.

Fauzi, Irzhal, and Rofiatu Hosna. “The Urgency of Education in Islamic Boarding Schools in Improving The Quality of Islamic-Based Character Education.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2022): 63–76. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.9985.

Hák, Tomáš, Svatava Janoušková, and Bedřich Moldan. “Sustainable Development Goals: A Need for Relevant Indicators.” Ecological Indicators 60 (2016): 565–73. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2015.08.003.

Herdiyanti, Yuni, Miftakul Janah, and Roni Susanto. “Building a Golden Generation : Synergy of Education , Technology , and Qur ’ Anic Values.” JISEI: Journal of Islamic Studies and Educational Innovation 01, no. 01 (2025): 36–48.

Huberman, A. Michael, and Saldana Jhonny. Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook. America: Arizona State University, 2014.

Jatirahayu, Warih. “Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 0, no. 0 (2013).

Kartiwan, Chindria Wati, Fauziah Alkarimah, and Ulfah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 2 (2023): 239–46. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59576.

Khasanah, Nurul, Niswanto Niswanto, and Khairuddin Khairuddin. “Character Education Management in Shaping School Culture.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 14, no. 3 (2022): 3713–20. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2251.

Kholis, Nor. Menuju Pembelajaran Berkualitas: Tinjauan Teori Dan Praktik. Yogjakarta: Deepublish, 2020.

Munifah, Munifah, and Septiana Purwaningrum. “Leadership Strategy: Developing School Culture through Digital Turats Learning.” Cypriot Journal of Educational Sciences 17, no. 1 (2022): 68–80. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i1.6682.

Nuraeni, Zaen, and Dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS.” Jurnal Basicedu 3, no. 2 (2020): 524–32.

Nuragnia, Berliany, Nadiroh, and Herlina Usman. “Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 2 (2021): 187–97. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388.

Roni Susanto, Fatakhul Huda. “Education as an Agent of Social Change: A Sociological Persfective.” Taqorrub: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah 5, no. 2 (2024): 79–94. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=16197885558079716437&btnI=1&hl=id.

Setiadji, Bareb. “Konsep Pendekatan Behaviorisme B. F. Skinner Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, no. April (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Supriyanti, Dewi Kurniawati, and Roni Susanto. “Analysis of the Minister of Education ’ s Curriculum Policy in the 2019-2024 Vs . 2024-2029 Era.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 17, no. 1 (2025): 741–54. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v17i1.7127.

Wirawan. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi Dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Yahuda, Robbin Dayyan, Roni Susanto, Wahyu Widodo, and Nur Kolis. “Totally Muslim Truly Intellectual-Based Holistic Education in Postgraduate Programs.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 16, no. 2 (2024): 1399–1410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.4104.

Diterbitkan

2025-08-22